Polda Bali – Polres Buleleng, Bhabinkamtibmas Kelurahan Paket Agung Polsek Singaraja jajaran Polres Buleleng Aiptu Made Sudarma, S.H., menyambangi warga masyarakat peternak babi di Lingkungan Bale Agung, Kelurahan Paket Agung, Singaraja. Senin (18/7/22)

Bersama Babinsa dan PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) Aiptu Made Sudarma mendatangi kandang babi milik ibu Ketut Cening di lingkungan Bale Agung, Kelurahan Paket Agung, Singaraja.

Aiptu Made Sudarma bersama Babinsa dan petugas PPL memantau kesehatan ternak babi milik ibu Ketut Cening dan memastikan ternak – ternak tersebut tidak terjangkit PMK (penyakit mulut dan kuku).

Mereka menghimbau ibu Ketut Cening untuk selalu menjaga kebersihan kandang dan menggunakan Hand Zanitiser apabila mau memberikan makan kepada ternak-ternaknya. Selalu rutin menyemprotkan disinfektan kekandang, melakukan pengawasan terhadap kunjungan orang asing yang berkunjung ke ternak guna mencegah terjangkitnya penyakit mulut dan kuku.

Aiptu Made Sudarma juga mengahaj ibu Ketut Cening untuk mengenali gejal penyakit mulut dan kuku atau PMK yang menyerang hewan ternak seperti terlihat bercak – bercak pada bagian kepala dan keluar lendir berlebih dihidung, luka pada kuku, dan nafsu makan berkurang.

Bilaman terlihat seperti gejala penyakit mulut dan kuku agar segera melaporkan ke Dinas Pertaian dan Peternakan untuk mendapatkan penanganan secepatnya.

Kapolsek Singaraja Kompol Dewa Ketut Darma Aryawan, S.T.,M.M., mengakatakan “Kami mengajak warga masyarakat kususnya yang memiliki ternak sapi, babi dan kambing melalui anggota Bhabinkamtibmas dilapangan untuk selalu menjaga kebersihan kandang dan selalu memantau kesehatan ternaknya guna mengantispasi penyakit mulut dan kuku atau PMK”, ucap Kapolsek

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here