Polda Bali – Polres Buleleng, Upaya mengantisipasi PMK (penyakit mulut dan kuku) yang menyerang hewan ternak, Bhabinkamtibmas Kelurahan Kampung Baru Polsek Singaraja jajaran Polres Buleleng Apida IGBA. Biomantara mendampingi pelaksanaan vaksinasi PMK terhadap hewan ternak di Kelurahan Kampung Baru, Singaraja. Selasa (18/10/22).

Vaksinasi kali ini adalah vaksinasi tahap I yang dilakukan tim Vaksinasi PMK dari Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng yang dipimpin drh. Ketut Suardana didampingi PPL kelurahan Kampung Baru dan Satgas PMK Kelurahan Kampung Baru terhadap hewan – hewan ternak kambing milik warga di Kelurahan Kampung Baru dalam upaya mengantisipasi atau mencegah terjangkitnya virus PMK (penyakit mulut dan kuku).

Gejala – gejala yang ditimbulkan oleh penyakit mulut dan kuku ini antara lain adanya bintik – bintik pada muka hewan ternak, mengeluarkan lendir yang berlebih pada hidung dan terdapat luka pada kuku, dan nafsu makan hewan ternak yang berkurang.

Aipda IGBA. Biomantara menghimbau warga pemilik hewan ternak untuk selalu menjaga kebersihan kandang dan memantau kesehatan ternak – ternaknya.

Bilamana ditemukan adanya gejala-gejala penyakit mulut dan kuku pada hewan ternaknya agar segera menghubungi pihak terkait seperti dinas pertanian dan peternakan guna mendapat penanganan secepatnya.

Kapolsek Singaraja AKP Nyoman Pawana Jaya Negara saat dikonfirmasi mengakatakan ” Bhabinkamtibmas kami dilapangan terus melakukan pendampingan dan membantu Dinas Pertanian dan Perternakan Buleleng, dalam melakukan vaksinasi terhadap hewan-hewan ternak yang dimiliki warga masyarakat kususnya diwilayah Singaraja dala upaya mencegah terjangkitnya penyakit mulut dan kuku”, ucap Kapolsek

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here