Polda Bali – Polres Buleleng, mengantisipasi PMK (penyakit mulut dan kuku) Bhabinkamtibmas Kelurahan Banyuning Polsek Singaraja jajaran Polres Buleleng Aiptu I Nyoman Sudiarta mendatangi kandang – kandang hewan ternak yang ada di Kelurahan Banyuning. Sabtu (23/7/22).

Kadang hewan ternak yang didatangi Aiptu I Nyoman Sudiarta adalah kandang sapi milik bapak Made Kantra di Banyuning timur Kelurahan Banyuning, Singaraja.

Aiptu I Nyoman Sudiarta menghimbau bapak Made Kantra untuk selalu menjaga kebersihan kandang dan kesehatan ternak sapinya supaya terhindar dari penyakit mulut dan kuku ( PMK ).

Dia juga mengajak bapak Made Kantra untuk mengenali gejala – gejala penyakit mulut dan kuku seperti adanya bintik – bintik pada muka ternak, hewan ternak mengeluarkan lendir yang berlebih pada hidung dan terdapat luka pada kuku ternak, dan nafsu makan ternak yang berkurang.

Bilamana ditemukan gejala-gejala penyakit mulut dan kuku atau PMK terhadap ternak – ternaknya agar segera menghubungi pihak terkait seperti dinas pertanian dan peternakan guna mendapat penanganan lebih cepat.

Ditemui ditempat terpisah Kapolsek Singaraja Kompol Dewa Ketut Darma Aryawan, S.T.,M.M., mengakatakan “Kami melalui Bhabinkamtibmas dilapangan mengajak warga masyarakat atau peternak hewan sapi, kerbau, babi dan kambing yang ada diwilayah Singaraja untuk selalu menjaga kebersihan kandang dan selalu memantau kesehatan ternaknya sebagai upaya mengantispasi wabah penyakit mulut dan kuku atau PMK”, ucap Kapolsek

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here