Polda Bali – Polres Buleleng, Bhabinkamtibmas Desa Tampekan Polsek Banjar Aiptu Gede Artana melaksanakan kegiatan sambang ke kandang ternak Sapi milik warga binaan, Rabu (29/6/22)

Didampingi oleh warga pemilik ternak, Bhabinkamtibmas Desa Tampekan Aiptu Gede Artana memantau langsung kondisi kandang dan kesehatan ternak sapi milik warga binaannya.

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas menghimbau warga peternak sapi agar selalu memperhatikan kebersihan kandang dan kesehatan sapi-sapi mereka dan bilamana ada gangguan kesehatan terlebih seperti gejala-gejala PMK yang telah disosialisasikan agar segera melapor ke perangkat desa maupun Instansi terkait.

Aiptu Gede Artana menyampaikan kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memantau dan kontrol peternakan sapi milik warga yang ada didesa binaannya guna mengantisipasi penyebaran penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak.

“Dari pantauan kami semua sapi yang dipelihara oleh warga terpantau dalam keadaan sehat, tidak ada gejala-gejala terjangkit PMK,” Ucap Bhabinkamtibmas Desa Tampekan saat ditemui disela-sela kegiatannya.

Sementara itu Kapolsek Banjar Kompol Gusti Nyoman Sudarsana, S.St., saat dikonfirmasi mengatakan upaya pencegahan terhadap penularan penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak terus dilakukan oleh jajaran Polsek Banjar salah satunya melalui kegiatan penyuluhan yang dilakukan oleh para Bhabinkamtibmas di desa-desa.

“Para Bhabinkamtibmas kita arahkan untuk terus mengingatkan warga binaannya untuk melakukan langkah-langkah pencegahan dan antisipasi terhadap penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak khususnya Sapi,” ucap Kapolsek, Rabu (29/6)

Kompol Gusti Nyoman Sudarsana juga menjelaskan bahwa untuk saat ini diwilayah Kecamatan Banjar belum ditemukan kasus PMK.

” Astungkara sampai saat ini diwilkum kita belum ada kasus PMK, dan kita berharap tidak pernah terjadi,” Pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here