Menjelang pengamanan side event sherpa track presidensi G20, Polda Bali menggelar latihan Tactical Floor Game (TFG) di gedung Perkasa Raga Garwita (PRG) Polda Bali, Sabtu (20/8/2022).

Latihan TFG ini diikuti oleh seluruh perwira yang terlibat dalam pengamanan sherpa track di kawasan Nusa Dua, Bali dari tanggal 22 Agustus – 4 September 2022.

Ada 6 side event yang akan diamankan Polda Bali. Tanggal 22-27 Agustus 2022 Polda Bali akan mengamankan Ministerial Conference on Women’s Empowerment. Tanggal 25 Agustus – 2 September 2022 Polda Bali mengamankan kegiatan SAI20 Summit.

Pada tanggal 28 Agustus – 4 September 2022 Polda Bali mengamankan kegiatan G20 Digital Economy Minister’s Meeting. Tanggal 28 Agustus – 2 September 2022 Polda Bali mengamankan kegiatan Environment and Climate Ministerial Meeting.

Kemudian tanggal 28 Agustus – 4 September 2022 Polda Bali mengamankan kegiatan The Education Minister’s Meeting. Tanggal 29 Agustus – 3 September 2022, Polda Bali juga mengamankan kegiatan The Energy Transitions Ministerial Meeting.

Untuk mengamankan seluruh kegiatan side event G20 ini, Polda Bali akan menggelar operasi kepolisian dengan sandi “Ops Gapura Agung VIII -2022”. Polda Bali dengan back up Mabes Polri akan menerjunkan 2.590 personel untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para delegasi.

Karo Ops Polda Bali, Kombes Pol. Firman Nainggolan, S.H., M.H. mengatakan, latihan TFG ini bertujuan agar para pejabat yang terlibat dalam operasi dapat mengetahui rencana pengamanan yang akan dilaksanakan.

Selain itu, juga untuk menyamakan persepsi dan tindakan seluruh personel di lapangan, baik dalam situasi normal maupun dalam situasi kontinjensi.

Kegiatan ini juga untuk memberikan gambaran tentang pelaksanaan tugas operasi sehingga seluruh personel bisa memahami dan menguasi wilayah operasi dan tempat penugasannya.

“Dengan TFG ini nantinya tidak ada lagi yang bingung atau tidak tahu dimana tempat penugasannya,” kata Karo Ops.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here