Polda Bali-Polres Buleleng,Selasa tanggal 10 Maret 2020 pukul 16.00 wita bertempat di Radio RRI Singaraja telah berlangsung Interaktif di Pro 1 RRI Singaraja tentang Penyelamatan Lingkungan Antisipasi Bencana alam “Kentongan Bencana Alam” dengan Nomor Tlf Interaktif 0362 24644

Dalam hal ini sebagai Narasumber dalam kegiatan tsb adalah:
– Kabag Ops Polres Buleleng Kompol A.A Wiranata, SH.MM
– Kasi Rehabilitasi dan Kontruksi BPBD Buleleng Ida Bagus Wiriadarma.Dan dipandu dengan Penyiar dari RRI Singaraja Nyoman Wirati.Adapun Penyampaian dari masing-masing Narasumber antara lain

Kabag Ops Polres Buleleng dalam penyampaiannya adalah :
1.Terkait Polisi Sigap Bencana atas perintah Bapak Kapolri, Kapolda hingga Kapolres kami sudah membentuk posko di BPMPD dan untuk tingkat bawah kami memberdayakan Babin untuk menanganganinya apabila bencana itu besar kami akan membentuk tim untuk turun ke TKP.
2. Pemetaan Wilayah Bencana atas perintah Bapak Kapolres Buleleng kami sudah memetakan dari tingkat Polsek-polsek untuk antisipasi bencana yang terjadi.
3. Kami dari Polsek-polsek melalui Bhabin sudah membuat Grup WA untuk kecepatan informasi dan dalam penanggulangan kami bersinergi dengan pihak BPBD, PU maupun TNI.

Apabila terjadi bencana maka segera hubungi babin yang ada di Desa-desa dan apabila bencana itu besar maka akan ada tim dari Polres dan BPBD yang akan turun ke TKP.

Upaya Pengkaderan Pemolisan kami sudah melalukan pembentukan PKS di sekolah-sekolah untuk dapat menanamkan Disiplin sejak dini / menjadi Polisi dalam diri sendiri.Kepada masyarakat agar lebih peka dengan lingkungan mulai dari lingkungan rumah / pembersihan got atau aliran air.

Menyikapi situasi bencana pada saat hari Raya Nyepi kami dari Polres pada tanggal 17 Maret 2020 akan mengundang tokoh-tokoh dan instansi terkait untuk membahas kesiapan perayaan Nyepi

BPBD dari BPBD sudah membuat jalur evakuasi dengan arah yang sudah ditentukan.

Kabag Ops Selain upaya-upaya yang telah dilakukan secara nyata dalam mengantisipasi bencana kita juga agar tetap memohon doa dan menjaga kearifan lokal budaya para leluhur terdahulu untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan.

Kegiatan berakhir pada pukul 17.00 Wita berjalan dengan aman dan lancar dengan pers pamtup Unit 1 Sat IK Res Buleleng dipimpin Kanit 1 Aiptu Wayan Budiarto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here