Kapolres Buleleng Ikut Melepas Liarkan Burung dan Tebar Benih Ikan di Danau Tamblingan

Polda Bali – Polres Buleleng, Kapolres Buleleng AKBP Andrian Pramudianto, SIK., M.H., ikut bersama Muspika dan OPD Kabupaten Buleleng melepas liarkan burung dan menebar benih Ikan Nila di kawasan Danau Tamblingan Desa Munduk Kecamatan Banjar Kab Buleleng, Sabtu (29/1)

Bersama Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST., Wakil Bupati Buleleng dr. Nyoman Sutjidra, S.Pog., Ketua DPRD, Dandim 1609, Danyon Raider 900, dan para pejabat dilingkungan Pemkab Buleleng serta undangan lainnya, Kapolres Buleleng AKBP Andrian Pramudianto ikut serta melepas liarkan burung dan menebar benih ikan nila di kawasan Danau Tamblingan Desa Munduk Kecamatan Banjar pada Perayaan Rahina Tumpek Uye dengan tema Danu Kerthi sebagai pelaksanaan tata – titi kehidupan masyarakat Bali berdasarkan nilai – nilai kearifan lokal Sad Kerthi dalam Bali Era Baru.

Sebelum melepas liarkan burung dan menebar benih Ikan terlebih dahulu dilaksanakan kegiatan Niskala berupa upacara Danu Kerthi berupa Penyucian danau dan otonan sarwa wewalungan (Binatang) dan Persembahyangan bersama sebagai perayaan dari hari raya Tumpek Uye yang dipuput oleh Ida Pedanda Gede Putra Kemenuh dari Gria Sukasada.

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST., saa ditemui awak media mengatakan untuk benih ikan yang ditebar hari ini sebanyak 50.000 ekor dari berbagai ukuran sedangkan burung yang dilepas liarkan sebanyak 981 ekor dikawasan Danau Tamblingan dan 459 ekor lagi dilepas di masing-masing OPD” ungkapnya.

“Disamping sebagai perayaan hari Tumpek Uye kegiatan ini juga bertujuan untuk menjaga keseimbangan ekosistem dan sebagai wujud penghormatan kita kepada alam yang telah banyak memberi kita manfaat,” Kata Bupati Buleleng.

Sementara itu Kapolres Buleleng AKBP Andrian Pramudianto mengatakan dirinya merasa bangga bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan budaya dan menjaga kelestarian alam berdasarkan kearifan lokal khususnya yang ada diwilayah Buleleng.

“pada intinya kami dari Kepolisian sangat-sangat mendukung upaya-upaya dalam pelestarian alam yang berbasis pada kearifan lokal diwilayah Kabupaten Buleleng ini,” kata AKBP Andrian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here