Kepolisian Daerah (Polda) Bali telah sukses mengamankan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang diselenggarakan di Pulau Dewata beberapa waktu lalu. Dalam pengamanan tersebut Polda Bali menggelar Operasi Kepolisian dengan sandi “Operasi Puri Agung 2022”.

Atas suksesnya penyelenggaraan KTT G20, Polda Bali selaku instansi yang turut serta dalam pengamanan jalannya KTT G20 menerima penghargaan dari Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik Sumatera Barat (JKIPSB). Pemberian penghargaan dilaksanakan di gedung Rupatama, Kamis (24/11/2022).

Wakapolda Bali, Brigjen Pol. Drs. I Ketut Suardana M.Si pada kesempatannya mengatakan untuk mengamankan penyelenggaraan KTT G20, Kepolisian melaksanakan operasi kepolisian terpusat yang dipimpin langsung oleh Kapolri, dengan sandi Operasi Puri Agung 2022. Operasi pengamanan tersebut melibatkan total 9.700 personel Polri.

“Dalam hal ini Polda Bali bertindak sebagai satgas Pamwil Bali dengan jumlah kekuatan mencapai 6.520 personel. Selain itu, untuk 6 memperkuat pengamanan dan kelancaran arus lalu lintas para delegasi pada saat kegiatan KTT G20 berlangsung. Kami juga menerjunkan ratusan personel penebalan pada beberapa kawasan berlangsungnya KTT G20,” ujar Wakapolda Bali.

Brigjen Pol. Drs. I Ketut Suardana M.Si juga mengatakan keberhasilan penyelenggaraan KTT G20 merupakan hasil kerja sama dan kolaborasi dari berbagai pihak termasuk media dan jurnalis yang secara konsisten menyiarkan informasi mengenai pelaksanaan KTT G20 kepada masyarakat.

“Oleh karena itu, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh reka-rekan jurnalis dan media yang telah menyiarkan informasi yang aktual, faktual dan berkualitas kepada masyarakat, khususnya selama penyelenggaraan KTT G20 di Indonesia,” imbuhnya.

Menanggapi hal tersebut Ketua pengurus JKIPSB, Gusriyono mengatakan pemberian penghargaan ini tentunya melalui penilaian dari Pra hingga akhir digelarnya KTT G20.

“Suksesnya KTT G20 tentunya karena adanya kerjasama antara semua pihak antara masyarakat, TNI-Polri, Jurnalis dan lain sebagainya. Walaupun demikian, faktor keamanan tetap berada di bawah kendali Kepolisian Negara Republik Indonesia yang dalam hal ini adalah Polda Bali,” ujar Gusriyono.

“Sebagai cara untuk menyampaikan kepada masyarakat tentang suksesnya KTT G20 tentunya tidak terlepas daripada pemberitaan yang baik. Disinilah Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Bali berperan. Kedepannya kami selaku Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik Sumatera Barat siap untuk membantu Polda Bali,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here