Polda Bali – Polres Buleleng, Bertempat di Apotik Karunia Farma, yang beralamat di kelurahan Sukasada, Kab.Buleleng, menindak lanjuti terkait dengan Surat edaran dari kementrian kesehatan republik Indonesia direktorat jendral pelayanan kesehatan nomor SR.01.05/III/3461/2022 tanggal 18 Oktober 2022, Polsek Sukasada yang dipimpin Kanit Binmas AKP Ketut Rina melaksanakan pengecekan terhadap apotek tersebut. Sabtu 22/10/22.

Sesuai dengan surat edaran tersebut bahwa ada beberapa daftar merk obat sirup pada anak yang mengandung Dietilen Glikol (DEG) Etilen Glikol (EG) yang diduga dapat menyebabkan kasus gangguan ginjal akut pada anak, menyikapi hal tersebut Polsek Sukasada juga memberikan himbauan terhadap apotik-apotik untuk tidak menjual obat dalam bentuk sirup secara bebas pada masyarakat.

Pada kesempatan tersebut Personil Polsek Sukasada dialogis dan koordinasi dengan pemilik Apotik Karunia Farma Sukasada yaitu Bpk Ketut Darma Yuliawan menerangkan bahwa terkait dengan obat yang tertera di Surat Edaran tidak ditemukan adanya peredaran/pemasaran obat-obat tersebut dan sudah menerima surat himbauan dari Pengurus Pusat IAI (Ikatan Apeteker Indonesia).

Kapolsek Sukasada Kompol Made Agus Dwi Wirawan, S.H.,M.H menjelaskan bahwa Seluruh Apotek untuk sementara tidak menjual obat bebas dalam bentuk syrup, kita tetap meakukan pengawasan serta himbauan ke apotek maupun di tempat praktek pelayanan kesehatan yang ada di wilayah sukasada, ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here